IPA: Berantas Mafia Illegal Logging Hutan Reboisasi


Analisadaily | Indonesia Alliance People (IPA) Sumatera Utara mendapat banyak laporan dari masyarakat tentang pembalakan kayu liar di hutan reboisasi yang terjadi di Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara dan Tapanuli Tengah.

Koordinator IPA, Ranto Sibarani mengatakan, hutan-hutan reboisasi yang telah ditanami pemerintah dengan biaya negara, malah ditebangi oleh mafia-mafia kayu ilegal.

"Padahal hutan-hutan yang telah ditanami oleh pemerintah itu sebagai produsen oksigen dan menyimpan air alam untuk mencegah banjir dan longsor," terangnya di kantor Pemprovsu, Kamis (10/3).

Ranto juga menerangkan, semua kegiatan reboisasi tersebut telah menghabiskan dana ratusan miliyar rupiah. Namun kayu-kayu dari hutan reboisasi tersebut saat ini malah banyak ditebangi secara liar. Fungsi hutan yang diharapkan akan kembali seperti semula akhirnya semakin rusak karena ulah para cukong-cukong kayu ilegal tersebut.

"Sumut sedang diambang bencana banjir, longsor dan banjir bandang jika penebangan kayu liar tersebut terus dibiarkan," ucapnya.

(jw/ln)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merasa Dijebak, Keturunan Marah Halim Harahap, marah dan lakukan Perlawanan Hukum

Kuasa Hukum Pertanyakan Motif Direktur PT KIM Penjarakan Toga Damanik

Disangsikan Bunuh Diri, Kepolisian Diminta Selidiki Penyebab Kematian Elviana