Disangsikan Bunuh Diri, Kepolisian Diminta Selidiki Penyebab Kematian Elviana

Elviana berfoto dengan sepupunya James Ambarita

Ranto Sibarani, pemerhati Hak Asasi di Sumatera Utara meminta Pihak Kepolisian, khususnya Polda Sumatera Utara untuk melakukan penyelidikan yang serius untuk memastikan penyebab kematian Elviana Ambarita (21) Mahasiswi USU yang dikenal cerdas dan taat, namun ditemukan tewas tergantung di kamar kostnya pada tanggal 17 Mei 2015 dengan banyak kejanggalan.


Kita tidak ingin setiap ada orang yang tewas tergantung dianggap bunuh diri. Motif pembunuhan sudah banyak yang menggunakan cara-cara ini. Terlebih dalam kasus Elviana, dia tidak menunjukkan ciri-ciri akan bunuh diri. Tidak ada pesan yang tertinggal, lidahnya tidak menjulur sebagaimana biasanya korban gantung diri, tangannya mengepal seakan-akan melawan, dia mahasiswi berprestasi dan penuh harapan akan masa depan, sangat taat beribadah, dan sangat terbuka kepada siapa saja temannya. Bahkan Elviana diketahui baru saja mengikuti pertukaran mahasiswa antar daerah, memiliki cita-cita untuk menjadi pengacara agar bisa memperjuangkan tanah keluarganya yang konon bersengketa.

Karena itu, untuk memenuhi rasa keadilan dan memberikan rasa aman kepada orang tua yang juga punya anak-anak, maka kita harus mendesak pihak berwajib untuk mengusut penyebab kematian Elviana. Pihak berwajib sebaiknya memeriksa siapa saja yang bisa membantu memberi keterangan untuk mengetahui penyebab kematiannya. Kita ingin Kepolisian profesional dalam melakukan pengusutan, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa kematian Elviana adalah tindakan bunuh diri.

Seandainya kematian Elviana karena dibunuh, jangan sampai anak-anak kita, teman kita atau keluarga kita akan bergaul terus dengan pembunuhnya yang bisa saja masih hidup dan mencari korban yang lain. Pembunuhan saat ini semakin lihai. (semakin sulit logika kita untuk menyebut bahwa korban dibunuh, itulah yang diinginkan pembunuh sebenarnya). Jikapun kemudian Elviana terbukti bunuh diri, hendaklah hal tersebut dibuktikan melalui suatu proses investigasi yang serius yang dilakukan oleh pihak berwenang.

Sumber: change

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merasa Dijebak, Keturunan Marah Halim Harahap, marah dan lakukan Perlawanan Hukum

Kuasa Hukum Pertanyakan Motif Direktur PT KIM Penjarakan Toga Damanik